Arti Dan Fungsi Serta Pengelolaannya Pada Lembaga Keuangan Syari’ah

ABSTRAK

Arti Dan  Fungsi Serta Pengelolaannya Pada Lembaga Keuangan Syari’ah; Hendra Lukman Haqim; Jurusan Syari’ah Twinning Program UMM.

Kata kunci:

wakaf, cerai thalaq, kekerasan, nuyuz.

Kemiskinan dan kesenjangan sosial di sebuah negara yang kaya dengan sumber daya alam dan mayoritas penduduknya beragama muslim, seperti Indonesia, merupakan suatu keprihatinan. Jumlah penduduk miskin terus bertambah jumlahnya sejak krisis ekonomi pada tahun 1997. Pengabaian atau ketidakseriusan penanganan terhadap nasib dan masa depan puluhan juta kaum dhuafa yang tersebar di seluruh tanah air merupakan sikap yang berlawanan dengan semangat dan komitmen Islam terhadap persaudaraan dan keadilan sosial.

Berdasarkan latar belakang masalah seperti yang dijelaskan diatas, maka beberapa masalah mendasar bagaimana pengelola wakaf tunai pada Lembaga Keuangan Syari’ah? Bagaimana jaminan kelestarian nilai wakaf tunai?

Lembaga Keuangan Syar’iah adalah sebuah institusi umat yang bersifat nirlaba dan mengakomodasi kepentingan umat. Sebagai sebuah unit perekonomian, lembaga tersebut tidak berorientasi pada keuntungan pribadi tetapi berorientasi pada kesejahteraan umat. Pengelolaan wakaf tunai selain pada lembaga keuangan syar’iah : Pasar Uang dan Pasar Modal. Bentuk-bentuk pengelolaan wakaf tunai pada lembaga keuangan syar’iah : pasar modal dengan prinsip syari’ah, saham syar’iah, obligasi syariah, reksa dana syari’ah, dan sertifikat wadiah Bank Indonesia (SWBI).

Jaminan kelestarian nilai wakaf tunai: Produk Al-Wadiah (Titipan/Simpanan) Trust Depository dan Produk Dengan Bagi Hasil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: