MEMOTIFASI SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

A. Latar Belakang

Pendidikan adalah investasi sumber daya manusia jangka panjang, mempunyai nilai strategi bagi kelangsungan peradapan manusia didunia. Variabel pendidikan suatu yang utama dalam konteks pembangunan bangsa dan negara, demikian pentingnya pendidikan, maka sekecil apapun persoalan pendidikan harus diselesaikan dengan baik dalam sekolah maupun tingkat kelas. Pada kegiatan pembelajaran dikelas VII MTs. HM. Tri Bakti peneliti menemukan beberapa kondisi yang menarik perhatian banyak, di dalam belajar mengajar, siswa sering kali bersifat acuh, tidur, ketika guru menjelaskan materi pelajaran. Berdasarkan studi awal Di Madrasah Tsanawiyah Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri pada kelas VII C tahun pelajaran 2009/2010, diperoleh informasi bahwa ada beberapa siswa yang prestasi belajar pelajaran Al Qur’an hadits masih di bawah SKBM. Jika SKBM mata pelajaran Al Qur’an hadits di madrasah ditetapkan sebesar 75. Permasalahan diatas didasarkan pada kurangnya motovasi siswa dalam belajar sehingga perlu adanya motivasi dari guru. Masran mengemukakan bahwa “Motivasi merupakan suatu hal yang penting yang mendasari terjadinya tingkah laku siswa , serta motivasi dapat berasal dari dalam maupun luar seseorang , yang berfungsi mengarahkan tingkah laku siswa menuju pada tujuan yang ingin dicapainya”. Dari rendahnya motivasi siswa dalam belajar memungkinkan guru dapat memotivasi ketika mengajar . Suatu keberhasilan sangat tergantung pada upaya yang dilakukan dan motivasi untuk mewujudkanya.kesungguhan dalam melakukan suatu aktivitas sangat mungkin dapat mempengaruhi keberhasilan tercapainya suatu tujuan. Pada dasarnya motivasi timbul diakibatkn oleh dua faktor yaitu aktor internal dan faktor eksternal. Dari berbagai masalah di atas maka terdorong keinginan peneliti untuk mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan memfokuskan penelitian tentang: “Memotifasi Siswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri Dengan Metode Tanya Jawab”.

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah: “Apakah metode tanya jawab dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan prestasi belajar Al Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Al Mahrusiyah lirboyo kelas VII C Tahun Pelajaran 2009/2010 ?.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: